Cerita di balik cover DAAD

Ini cerita tentang cover sebuah booklet terbitan DAAD tahun 2012. DAAD adalah sebuah lembaga Pemerintah Jerman yang memfasilitasi beasiswa dari berbagai negara untuk menempuh studi di Jerman. Saat saya mengambil program S2 dan S3, sebagian besar teman-teman seangkatan mendapat beasiswa dari DAAD. Sementara saya sendiri mendapat sponsor beasiswa dari kantor tempat saya bekerja, PPKS Medan.

Saya menjalani program doktoral di Institute of Plant Breeding, Georg-August-Universitรคt Gรถttingen. Pada saat yang hampir bersamaan, ada 11 orang mahasiswa PhD lainnya. Bisa dibayangkan betapa meriahnya institut kami. Saya tergabung dalam kelompok riset Rapeseed dengan beberapa mahasiswa lainnya yang berasal dari Jerman, Malaysia dan Mesir. Untuk grup Rapeseed di tahun awal program doktoral, kami menghabiskan banyak waktu di lapangan.

Suatu hari, seorang fotografer freelance DAAD datang ke institut kami dan dia bilang ingin memotret kegiatan kami di kebun percobaan rapeseed. Kebetulan pada saat itu, sekitar bulan Mei 2011, areal rapeseed kami sedang indah-indahnya berbunga. Hamparan kuning di mana-mana. Sang fotografer meminta tiga orang dari Grup Rapeseed untuk menjadi model. Untuk mengakomodir typical international students, maka dipilihlah saya (Indonesia), Li Shia (Malaysia yang keturunan Tiongkok), serta Sebastian (asli dari Jerman).

Pemotretan dilakukan dengan persiapan seadanya. Pakaian pun hanya yang dipakai saat pengamatan. Li Shia memegang tongkat untuk mengukur tinggi tanaman, sementara saya dan Sebastian diminta untuk berakting layaknya dua peneliti yang sedang berdiskusi di lapangan. Pemotretan berjalan singkat, dan kami tidak berpikir apakah foto tersebut akan dipakai untuk cover sebuah booklet.

Hingga pada akhir 2011, Li Shia mendapat info dari temannya, seorang penerima beasiswa DAAD, bahwa wajahnya dijadikan cover booklet. Kami bertiga hanya senyum-senyum mengetahui hal ini, karena tidak ada satu pun dari kami yang mendapat beasiswa dari DAAD, tetapi berhasil menjadi cover booklet mereka.

Life is always beautiful.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s